Home » , » Penerapan Hukum Pascal dan contoh alat prinsip pascal

Penerapan Hukum Pascal dan contoh alat prinsip pascal

Written By onfisika on Sunday, February 10, 2013 | 7:16 AM

Atmosfir bumi memberikan tekanan pada semua benda yang bersentuhan dengannya, termasuk fluida lainnya. Tekanan luar yang bekerja pada fluida disalurkan ke seluruh fluida. Tekanan yang yang disebabkan oleh tekanan air pada kedalaman 100 m dibawah permukaan danau adalah P = rho . g . h = 1000 . 9,8 . 100 N/m2 = 9,7 atm. Bagaimanapun tekanan total pada titik ini disebabkan oleh tekanan air ditambah tekanan udara diatasnya. Dengan demikian, tekanan total ( jika permukaan danau hamper sama dengan permukaan laut 9,7 atm + 1 atm = 10,7 atm. Ini merupakan satu contoh dari prinsip umum yang dicetuskan oleh filsuf dan ilmuwan perancis Blaise Pascal ( 1623 – 1662 ) . Prinsip pascal menyatakan bahwa

 “tekanan yang diberikan pada fluida dalam suatu tempat akan menambah tekanan keseluruhan dengan besar sama.”

Sejumlah alat praktis menggunakan prinsip pascal . Dua contoh rem hidrolik dan lift hidrolik.
Rem Hidrolik
clip_image002

lift hidrolik.
clip_image004


Pada kasus lift hidrolik , sebuah gaya kecil dapat digunakan untuk memberikan gaya besar dengan membuat luas satu piston ( keluaran ) lebih besar dari luas piston yang lainnya ( masukan ). Untuk memahami cara kerjanya , kita anggapa piston masukan dan keluaran berada pada ketinggian yang sama ( paling tidak mendekati ). Kemudian gaya input keluar ( F masuk ) dengan prinsip pascal menambah tekanan dengan sama ke semua bagian pada ketinggian yang sama.

P keluar = P masuk

Dimana besaran-besaran masukan dinyatakan dengan indek masuk dan keluaran dengan keluar. Dengan demikian

clip_image006

Nilai F keluar/ F masuk disebut keuntungan mekanik lift hidrolik, dan sama dengan rasio luas. Sebagai contoh, jika luas piston keluaran 20 kali lipat luas silinder masukan , gaya dikalikan dengan factor 20 berarti jika gaya 200 N dapat mengangkat mobil 4000 N.
Contoh :
Gaya besarnya 5 N pada penghisap yang kecil dari suatu pompa hidrolik dapat mengangkat beban beratnya 600 N yang terdapat pada penghisap yang besar. Jika penghisap yang kecil berpenampang 400 cm2, berapakah luas penampang yang besar ?
Jawab :
clip_image006[1]
clip_image008
clip_image010
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment