Home » , » Gerak Gelombang dan Pembentukan Pulsa Gelombang

Gerak Gelombang dan Pembentukan Pulsa Gelombang

Written By onfisika on Tuesday, August 13, 2013 | 9:54 AM

Ketika anda melempar batu ke danau atau kolam , gelombang yang berbentuk lingkaran terbentuk dan bergerak keluar. Gelombang jugamerambat sepanjang tali yang terentang lurus dia atas meja jika anda menggetarkan satu ujung bolak-balik. Gelombang air dan gelombang tali adalah dua contoh umum gerak gelombang. Kita akan menemui gerak gelombang jenis lain, tetapi untuk saat ini kita akan berkonsentrasi pada gelombang-gelombang mekanik ini.
Jika anda pernah melihat gelombang laut bergerak ke pantai ( sebelum pecah ) mungkin anda berfikir apakah gelombang tersebut membawa air dari laut lepas ke pantai. Pada kenyataannya, hal ini tidak benar. Gelombang air bergerak dengan kecepatan yang bisa diketahui. Tetapi setiap partikel pada air itu sendiri hanya berisolasi pada titik seimbang. Hal ini jelas terlihat dengan memperhatikan daun pada kolam sementara gelombang bergerak. Daun tidak terbawa oleh gelombang, tetapi hanya berisolasi disekitar titik kesetimbangan karena ini merupakan gerak air itu sendiri.

“ Apakah kecepatan gelombang yang bergerak sepanjang tali sama dengan kecepatan partikel tali itu ? “

Lihat gambar !
clip_image002
Tidak. Kedua kecepatan berbeda , baik besar maupaun arahnya. Gelombang pada tali bergerak kekanan , tetapi setiap potongan tali hanya bergetar naik turun.
Gelombang dapat bergerak melintasi jarak yang jauh , tetapi medium ( air atau tali ) itu sendiri hanya bisa bergerak terbatas. Dengan demikian, walaupun gelombang bukan merupakan materi, pola gelombang dapat merambat pada materi. Sebuah gelombang terdiri dari osilasi yang bergerak tanpa membawa materi bersamanya.
Gelombang membawa energy dari satu tempat ke tempat lain . Energi diberikan ke gelombang air, misalnya oleh batu yang dilemparkan ke air atau oleh angin di laut lepas . Energi dibawa oleh gelombang ke pantai. Tangan yang berosilasi memindahkan energy ke tali yang kemudian membawanya sepanjang tali dan bisa dipindahkan ke sebuah benda diujung lain. Semua bentuk gelombang merambat membawa energy.
Bagaimana gelombang dibentuk dan bagaimana dapat berjalan. Pertama kita lihat satu lonjakan gelombang atau pulsa . Satu pulsa dapat dibentuk pada tali dengan gera tangan ke atas bawah denga cepat. Tangan menarik satu ujung tali ke atas, dank arena potongan yang ada diujung bersambungan dengan potongan berikutnya , potongan ini juga merasakan gaya ke atas dan mulai bergerak keatas juga. Sementara setiap potongan yang besisian bergerak keatas, puncak gelombang bergerak sepanjang tali. Sementara itu, potongan yang diujung telahdikembalikan ke posisi semula oleh tangan, dan sementara setiap potongan tali selanjutnya mencapai posisi puncaknya, potongan tersebut juga ditarik kebawah lagi oleh potongan disebelahnya. Dengan demikian , sumber pulsa gelombang yang berjalan adalah sebuah gangguan dan gaya kohesi antara potongan potongan tali yang bersisian menyebabkan pulsa merambat sepanjang tali. Gelombang di media lain dibuat dan disebarkan dengan cara yang sama.
clip_image004
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment