Home » , » Satuan , Standar dan Sistem SI

Satuan , Standar dan Sistem SI

Written By onfisika on Tuesday, August 13, 2013 | 8:53 AM

clip_image002
Pengukuran semua besaran sebenarnya relative terhadap suatu standar atau satuan tertentu, dan satuan ini harus dispesifikasikan disamping nilai numeriknya . Sebagai contoh kita dapat mengukur panjang dalam satuan inci, feet ( kaki ) , mil atau pada system metric dalam centimeter, meter atau kilometer. Menyatakan bahwa panjang suatu benda adalah 18,6 tidak ada artinya . Satuan harus diberikan; karena jelas , 18,6 meter sangat berbeda dari 18,6 inci atau 18,6 milimeter.

Standar Panjang ( meter )

Standar International yang pertama adalah meter ( disingkat m ), dinyatakan sebagai standar panjang. Definisi yang baru adalah : “ Meter adalah panjang jalur yang dilalui oleh cahaya pada ruang hampa udara selama selang waktu 1/ 299.792.458 sekon “. Satuan Inggris untuk panjang ( inci , foot , mil ) sekarang didefinisikan dalam meter. Inci ( in. ) didefinisikan tepat sebasar 2,54 cm.

Standar Waktu ( sekon )

Satuan standar waktu adalah detik atau sekon ( s ). Standar sekon sekarang didefinisikan lebih tepat dalam frekuensi radiasi yang dipancarkan oleh atom cesium ketika melewati dua keadaan tertentu. Tepatnya satu sekon didefinisikan sebagai waktu yang diperlukan untuk 9.192.631.770 periode radiasi ini.

Standar Massa ( kilogram )

Satuan standar massa adalah kilogram ( kg ). Standar dari massa adalah sebuah tabung platinum – iridium khusus, yang disimpan di Biro International untuk Berat dan Ukuran didekat kota paris Perancis yang massanya didefinisikan tepat 1 kg .
Pada system metric , satuan yang lebih besar dan lebih kecil didefinisikan pada kelipatan 10 dari satuan standard an cara ini membuat perhitungan lebih mudah . Dengan demikian , 1 kilometer ( km ) adalah 1000 m , 1 centimeter adalah 1/100 m, 1 milimeter ( mm ) adalah 1/1000 matau 1/10 m dan seterusnya. Awalan “ centi “ , “ Kilo “ dan yang lainnya dapat diterapkan tidak hanya pada satuan panjang, tetapi juga satuan volume, massa atau metric lainnya. Misalnya 1 centiliter( cL ) dan satu kilogram adalah 1000 gram (g).
Ketika berurusan dengan hukum dan persamaan fisika, penggunaan satu set satuan yang konsisten merupakan hal yang sangat penting. Beberapa system satuan telah digunakan selama bertahun-tahun. Sekarang ini yang paling penting adalah Sistem International ( Versi Perancis ). Pada satuan SI , Standar panjang adalah meter, standar waktu adalah sekon , standar massa adalah kilogram. Sistem ini disebut system MKS ( meter- kilogram-sekon ).
Sistem metric yang kedua adalah system cgs dimana centimeter, gram , sekon adalah satuan standar untuk panjang, massa dan waktu, sebagaimana disingkat pada namanya.
Satuan SI merupakan yang utama dipakai saat ini dalam pekerjaan-pekerjaan ilmiah. Dengan demikian , kami akan menggunakan satuan SI dalam pembahasan fisika.
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment