Home » » Apakah ada kehidupan lain yang berasal dari langit ?

Apakah ada kehidupan lain yang berasal dari langit ?

Written By onfisika on Saturday, January 11, 2014 | 10:43 AM

Kabar dari Inggris bahwa para ilmuwan berbasis di University of Sheffield telah menemukan bukti kehidupan di luar Bumi . Para astrobiologists di Inggris ,mendapat telepon dan email yang bertubi-tubi dengan permintaan untuk mengomentari penemuan ini dan potensi kehidupan asing akan menghujani kita dari luar angkasa . Sayangnya , mereka , dengan sopan menolak berkomentar .

priweb.org

Mereka para ilmuwan menyadari bahwa  tugas mereka untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang pekerjaannya, berbagi penemuan menakjubkan yang di publikasikan , dan membuat ilmu dapat dipahami dan diakses oleh seluruh masayarakat. Mereka meminta untuk hal ini , jangan dibuat retorika. Mereka mencoba menjelaskan bahwa itu bukan ilmu nyata dan mengatakan kepada masayarakat bahwa tidak ada cerita seperti itu. Meskipun penolakan para ilmuwan untuk berkomentar, tentang cerita itu terpampang di internet dan koran-koran. 

Berikut adalah penelitian yang telah menyebabkan  keributan terjadi  . Seorang ilmuwan bercerita bahwa di inggris pada tanggal 31 Juli , balon sarat dengan peralatan sampling diluncurkan dari Chester ke atmosfer , mencapai ketinggian maksimum 27 km di atas permukaan bumi , melewati stratosfer . Tujuannya adalah untuk menangkap bukti partikel mengambang di atmosfer yang sangat lengket. Balon memiliki waktu total 17 menit untuk menangkap objek sebelum kembali ke bumi dengan parasut , dan akhirnya mendarat tepat di sebelah selatan Wakefield . Diceritakan bahwa penulis menemukan diatom frustule tunggal , atau dinding sel , telah tertangkap . Mereka menyatakan dengan berbagai alasan bahwa fosil kecil ini tidak mungkin diangkut ke atmosfer dari Bumi , sehingga jelas ini pasti datangnya dari luar angkasa , mungkin jatuh ke atmosfir bumi pada bulan Juli pada saat hujan meteor Perseid . 

Mungkin perlu penjelasan apa yang di bumi disebut diatom tadi? Sebuah diatom adalah salah satu jenis yang paling umum dari organisme berbasis air di dunia. Mereka ditemukan secara global sebagai fosil dan membuat ' diatomaceous earth '  yang lembut , sangat ringan karena porositas tinggi , dan telah diamati sebelumnya bahwa mereka akan melayang-layang dilapisan atmosfer bumi yang paling rendah . Diatom hanya muncul dalam catatan fosil di Bumi sekitar 185 juta tahun yang lalu ( bukti tertua dari kehidupan yang paling dasar di Bumi saat ini adalah sekitar 3,8 miliar tahun yang lalu ) dimana mereka organisme yang sangat berkembang dan tidak seperti bakteri bersel tunggal. Kita mengharapkan untuk menemukan ‘diatomaceous earth’ ini dalam suatu ruang atau pada  planet lain .

Ilmuwan astrobiologis memiliki pikiran yang cukup terbuka untuk mencari tanda-tanda kehidupan di tempat lain di Tata Surya . Ada begitu banyak cara sebuah bagian diatom bisa sampai di atmosfer bumi dan banyak kemungkinan yang lain untuk sampai diatmosfer bumi ,  dibandingkan pengiriman lewat komet . Banyak ilmuwan yang masih belajar tentang bagaimana kehidupan mungkin diangkut melintasi atmosfer bumi , dan mungkin hidup di atas permukaan bumi . Banyak dari kita ingin memahami bagaimana dan jenis kehidupan apa yang bisa bertahan hidup dengan kondisi ekstrim atmosfer kita karena akan membantu mereka mencari tanda-tanda kehidupan di dalam atau diluar atmosfer bumi pada planet dan bulan lainnya . Gagasan bahwa kehidupan tersebar luas di seluruh alam semesta dan telah diangkut ke seluruh bagian alam semesta ini oleh objek seperti komet - gagasan ini dikenal sebagai " panspermia " . Apakah ini benar ? Mari kita pikirkan bersama.

2 komentar :

  1. Dlm biologi ada yg disebut 'teori evolusi kimia' dr Harorld Urey yg mengatakan bhw pd jaman purba dulu atmosfir bumi kaya akan senyawa anorganik metana , amonia , uap air dan hidrogen , dg radiasi sinar kosmis dan energi listrik halilintar senyawa" tsb bereaksi dan menghasilkan senyawa organik sederhana , stlh suhu bumi mulai turun senyawa organik tsb turun bersama hujan dan jatuh kelaut , lautpun menjadi kaya akan senyawa organik dan disebut sbg 'primordial soup'. Primordial soup melakukan sintessi dan membentuk molekul organik kecil atau monomer, semacam asam amino dan nukleotida. Monomer tersebut kemudian bergabung membentuk polimer. hingga stlh berjuta tahun dihasilkan bentuk hidup sederhana ( tp perlu diingat semua uraian diatas baru sebatas teori , pembuktian langsung akan sangat sulit krn atmosfir bumi kita srg ini sdh berbeda dg kondisi pada jaman dulu )
    Diatomae sendiri sekarang ini bisa kita temukan di perairan tawar dan laut , biasa disebut ganggang kersik . merupakan organisme tingkat rendah , uniseluler , rangka diatomae ( silika ) di lautan banyak ditemukan dalam bentuk fosil yg usianya jutaan tahun dan membentuk lapisan tanah diatomit .Diatomit digunakan sebagai bahan isolasi karena kemampuannya menyerap suara dan panas serta bahan campuran dinamit dan bahan peledak lainnya..
    Jadi darimana sebetulnya asal-usul kehidupan dibumi ?
    Apa bentuk kehidupan yang pertama ada di bumi ?
    Apakah ada kehidupan lain selain di bumi ?
    Apakah ada kehidupan lain yang berasal dari langit ?
    Semoga suatu saat ilmu pengetahuan bisa mengungkap dengan lebih jelas dan reliable .

    ...salam 'you can if you will' by http://trieniwidyastuti.blogspot.com/

    ReplyDelete