Home » » Mampukah teori fisika baru menghilangkan teori fisika lama ?

Mampukah teori fisika baru menghilangkan teori fisika lama ?

Written By onfisika on Saturday, January 18, 2014 | 5:29 AM

Pada akhir 1700-an ada teori panas yang dikenal sebagai kalori. Ide dasar dari kalori adalah bahwa itu adalah cairan yang ada di dalam bahan. Cairan ini adalah self-repellant, berarti akan mencoba untuk sedapat mungkin menyebar secara merata . Kita tidak bisa mengamati cairan ini secara langsung, tetapi merasakan bahwa kalori dalam bahan memiliki suhu yang lebih besar. 
Dari teori ini Anda mendapatkan beberapa prediksi yang benar-benar bekerja. Karena Anda tidak dapat membuat atau menghancurkan kalori, karena panas (energi) adalah kekal. Jika Anda menempatkan benda dingin di samping benda panas, kalori dalam objek panas akan menyebar ke objek dingin sampai mereka mencapai suhu yang sama. Ketika udara mengembang, kalori yang tersebar lebih sedikit, sehingga suhu turun. Ketika udara dikompresi ada lebih kalori per volume, dan suhu akan naik.

Kita sekarang tahu ada "cairan panas" yang dikenal sebagai kalori. Panas merupakan gerakan (energi kinetik) dari atom atau molekul dalam suatu material. Jadi dalam fisika kita telah memilih model kalori dalam hal teori kinetik. Bisa dibilang sekarang kita tahu bahwa model kalori pada tahun 1700 tadi benar-benar salah. Asumsi dasar dari sebuah "fluida panas" tidak sesuai dengan kenyataan, tetapi model tersebut membuat prediksi yang benar. Bahkan model kalori bekerja dengan baik hari ini seperti yang terjadi pada akhir 1700-an. Tapi sekarang tidak digunakan lagi karena ada model baru yang bekerja lebih baik. Teori kinetik mampu menjelaskan bagaimana energi panas dari suatu material dapat diperkirakan sebagai fluida. 
Ini adalah aspek kunci dari teori-teori ilmiah. Jika Anda ingin mengganti teori ilmiah yang kuat dengan yang baru, teori baru harus mampu melakukan yang lebih dari teori yang lama. Ketika Anda mengganti teori lama Anda sekarang mengerti batas-batas teori dan bagaimana untuk bergerak di luar itu.

Dalam beberapa kasus bahkan ketika teori baru  menggantikan teori lama, tapi kadang masih  menggunakan teori lama tersebut. Seperti contoh bisa dilihat dalam hukum gravitasi Newton. Ketika Newton mengusulkan teori gravitasi universal dalam tahun 1600-an, ia menggambarkan gravitasi sebagai gaya tarik-menarik antara semua massa. Hal ini memungkinkan untuk memprediksi secara benar dari pergerakan planet, penemuan Neptunus, hubungan mendasar antara massa bintang dan suhu, dan seterusnya. Gravitasi Newton merupakan teori ilmiah yang kuat.

Kemudian pada awal 1900-an Einstein mengusulkan sebuah model yang berbeda yang dikenal sebagai relativitas umum. Premis dasar dari teori ini adalah bahwa gravitasi adalah karena kelengkungan ruang dan waktu dengan massa. Meskipun model gravitasi Einstein secara radikal berbeda dari Newton, matematika teori menunjukkan bahwa persamaan Newton adalah perkiraan solusi untuk persamaan Einstein. Semua teori gravitasi Newton dapat memprediksi, tetapi teori Einstein tidak . Tapi Einstein mampu  memungkinkan untuk memodelkan secara benar tentang lubang hitam, big bang, presesi orbit Merkurius, dilatasi waktu, dan semua yang telah eksperimen divalidasi.

Jadi Einstein mengalahkan Newton. Tapi teori Einstein jauh lebih sulit untuk bekerja daripada Newton, begitu sering kita hanya menggunakan persamaan Newton untuk menghitung permasalahan. Misalnya, gerak satelit, atau exoplanet. Kita tidak perlu ketepatan teori Einstein, kita hanya menggunakan Newton untuk mendapatkan jawaban yang "cukup baik." Kita mungkin telah membuktikan teori Newton "salah", tetapi teori ini masih berguna dan akurat seperti dulu.

Sayangnya, banyak Einstein pemula tidak memahami hal ini. Untuk mulai dengan gravitasi Einstein tidak akan pernah terbukti salah secara teori. Ini akan terbukti salah oleh bukti eksperimental yang menunjukkan bahwa prediksi relativitas umum tidak bekerja. Teori Einstein tidak menggantikan Newton sampai kita memiliki bukti eksperimental yang setuju dengan Einstein dan tidak setuju dengan Newton. Jadi, kecuali Anda memiliki bukti eksperimental yang jelas bertentangan relativitas umum, maka Einstein akan terbantahkan , mampukah Anda ?

Idealnya, teori baru akan membuat prediksi baru yang dapat diuji dengan cara yang wajar. Jika Anda bisa melakukan itu, dan dapat mempresentasikan ide Anda dengan jelas, Teori String dan gravitasi entropis adalah contoh model yang mencoba untuk melakukan hal itu. Tetapi bahkan jika seseorang berhasil menciptakan teori lebih baik dari Einstein, teori Einstein masih akan tetap berlaku seperti yang sudah ada sekarang ini.

Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment