Home » » Melihat sisi jauh alam semesta melalui pancaran energy ekstra tinggi neutrino

Melihat sisi jauh alam semesta melalui pancaran energy ekstra tinggi neutrino

Written By onfisika on Thursday, January 9, 2014 | 7:40 AM

Hasil yang diumumkan oleh Ice Cube observatorium, pemberita era baru dalam astronomi . Pandangan baru di kosmos memungkinkan kita untuk melihat alam semesta dengan - energi ultra- tinggi yang melampaui cahaya .
Image: scienceblog.com
Cahaya dan semua bentuk lain dari radiasi gelombang elektromagnetik , telah membantu kita dalam melihat hal di luar galaksi kita . Partikel-partikel cahaya ( foton ) yang dikumpulkan oleh teleskop besar di bumi dan di ruang angkasa telah memiliki perjalanan jauh untuk sampai ke bumi . Cahaya ini diproduksi oleh bintang-bintang jauh dan galaksi luar kita , mereka telah terus-menerus memancarkan dalam bentuk medan listrik dan medan magnet dari bintang lain dan galaksi lain . Beberapa kekuatannya melemah dan mengurangi kecerahan yang kita lihat. Beberapa mengumpul dalam kelompok besar sehingga kita mungkin berpikir mereka berasal dari titik lain di langit .

Ice Cube tidak mengumpulkan partikel cahaya melainkan melihat neutrino . Dengan tidak adanya muatan listrik , partikel neutrino tidak berputar putar  pada perjalanan mereka ke kita dari bagian alam semesta yang jauh . Mereka bukannya bergerak lurus, tetapi  bahwa mereka menunjukkan kecerahan yang berarti dan pada suatu posisi di langit malam dari apa pun yang menimbulkan mereka .


Distribusi Neutrino


Tanpa muatan listrik sangat sulit untuk menangkap neutrino . Saat ini lebih dari 200 miliar mengalir melalui tubuh Anda setiap detik , namun selama seumur hidup Anda, Anda akan beruntung jika anda mampu melihat satu dari diri anda. Jadi Ice Cube , dan eksperimen neutrino lain , tidak benar-benar mengumpulkan neutrino melainkan sampel sekitar satu dari setiap miliar triliun yang mungkin melewatinya. Dengan peluang tersebut itu membuat astronomi dengan neutrino mengalami kesulitan tetapi Ice Cube telah terbukti karena itu bukan hal yang tak mungkin.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mereka telah melihat kelebihan neutrino energi ultra- tinggi dalam detektor. Dengan hanya beberapa penampakan itu masih belum jelas bahwa dua dari neutrino berasal dari sumber yang sama . Meskipun demikian , dengan energi lebih dari 100 kali yang terlihat mereka berpikir hal ini pasti  datang dari hal yang paling masif di alam semesta , seperti lubang hitam super masif .

Para Astronomi Neutrino sangat membutuhkan kesabaran , tetapi mulai menunjukkan hasil . Kata mereka , Kami telah melampaui spektrum elektromagnetik , dan , dengan perspektif baru ini , kami berharap dapat melampaui pemahaman kita tentang alam. Ini adalah awal . Apa yang kita akan pelajari.


Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment