Home » » Penjelajahan untuk mencari jejak kehidupan di Mars

Penjelajahan untuk mencari jejak kehidupan di Mars

Written By onfisika on Monday, January 13, 2014 | 4:15 AM

Sekitar satu tahun yang lalu Curiosity melakukan pendaratan mencapai Mars dengan selamat  , dan para astronot semua merasa senang . Sejak mendarat , Curiosity telah mengirimkan lebih dari 190 gigabit data ke Bumi , kurang lebih  70.000 gambar , dan menembakkan laser lebih dari 75.000 kali . Terlebih lagi , misi hanya satu tahun , Curiosity telah mencapai tujuan utamanya .                                                                                                                    
image: crownrights.org

Curiosity tidak pernah berangkat untuk mencari kehidupan di mars , walaupun itu tujuan akhir dalam mengeksplorasi Mars . Setelah pendaratan Viking NASA gagal menemukan tanda-tanda bahwa ada kehidupan di tahun 1976 , lembaga ini mengambil langkah mundur . Sejak itu , seiring dengan perkembangan European Space Agency , meluncurkan serangkaian misi yang dirancang untuk memahami lingkungan Mars . Hal ini cukup beralasan bahwa mengetahui sebanyak mungkin tentang Mars di masa kuno akan membantu kita menentukan apakah atau tidak pernah ada kehidupan di planet tetangga kita .

Curisoity adalah langkah terbaru dalam survei Mars .Secara khusus , ia dirancang untuk melihat Mars secara ilmu kimia untuk melihat apakah ada bukti bahwa planet tersebut pernah dihuni . Dan itu adalah tujuan Curiosity telah dicapai . Melalui penjelajahan menemukan bukti kuat, bahwa terdapat air di permukaan Mars di masa lalu, itu menjadi titik tolak bahwa Mars bisa menjadi tuan rumah setidaknya mikroba di masa lalu . The rover , yang merupakan laboratorium kimia keliling melakukan bor ke batuan  dan dianalisis debunya . Ini menemukan jejak sulfur , nitrogen , hidrogen, oksigen , fosfor , dan karbon . Hal ini juga menunjukkan bahwa 20 % dari sampel adalah mineral lempung , sesuatu yang Anda temukan di Bumi hanya ketika air tawar berinteraksi dengan bahan beku . Ada kalsium sulfat dalam sampel , juga menunjukkan air yang pernah ada netral atau sedikit basa .

Singkatnya , sisa-sisa lingkungan lama Mars ' ditemukan oleh Curiosity menunjukkan planet ini bisa menjadi tuan rumah bagi organisme hidup .

Langkah berikutnya adalah untuk mencari bukti kehidupan mikroba di masa lalu di mars secara langsung , dan itulah yang NASA rencanakan untuk melakukannya dengan misi Curiosity - jenis lain . Pada tahun 2020 , badan antariksa akan meluncurkan penjelajah yang sama dengan instrumen kapal yang diperlukan untuk secara visual , mineralogically , dan kimia menganalisis lingkungan Mars sampai ke tingkat mikroskopis . Ini akan mencari biosignatures atau bentuk yang tersisa di bebatuan yang hanya dapat dijelaskan oleh adanya kehidupan di mars.

Tidak hanya akan mencari bukti kehidupan masa lalu , The rover baru ini akan mengumpulkan serangkaian sampel kecil dan menyimpannya . Sebuah misi nanti kemudian bisa mengambil sampel dan membawa mereka kembali ke Bumi . Ini akan jauh lebih mudah untuk mencari jejak kehidupan dengan orang-orang dibumi . Daripada dilakukan sendiri di mars secara langsung , para ilmuwan akan dapat menguji dan tes ulang sampel dengan teknologi terbaru di Bumi .

Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment