Home » » Apa Partikel Penyusun Inti itu?

Apa Partikel Penyusun Inti itu?

Written By onfisika on Thursday, March 6, 2014 | 12:38 PM

Peristiwa dijatuhkannya bom atom di Hirosihima dan Na-gasaki, merupakan momentum berakhirnya perang dunia ke-2 yang dilakukan Amerika dan sekutunya terhadap Jepang. Namun, dibalik itu semua masih ada yang menyisakan kesedihan yang mendalam terhadap para korban akibat bom atom tersebut. Sampai saat ini, masyarakat umum masih menganggap kurang baik terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan kata “atom” dan “nuklir”. Anggapan negatif ini semakin diperburuk oleh beberapa kecelakaan nuklir yangberdampak sangat dahsyat, sep-erti kecelakaan nuklir di Chernobyl, Ukraina pada 1986. Padahal, kajian mengenai atom dan teknologi nuklir pun memiliki banyak manfaat dan telah diterapkan dalam banyak bidang, seperti kedokteran dan pertanian.

image

Sebagaimana Anda ketahui, sebelum tahun 1930-an, teori mengenai atom mengalami perkembangan begitu dahsyat. Setelah elektron dan proton ditemukan oleh para fisikawan, mereka mencoba untuk membuat sebuah hipo-tesis bahwa inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif. Dengan demikian, diharapkan massa inti umumnya jauh lebih besar daripada massa proton. Ini membuktikan bahwa hipotesis tersebut salah.Neutron diketahui merupakan partikel yang memban-gun inti. Jadi, inti atom terdiri dari proton dan neutron. Kedua partikel penyusun ini disebut nukleon. Proton ber-muatan positif, sedangkan neutron tidak bermuatan listrik. Secara keseluruhan, inti atom bermuatan listrik positif. Perlu Anda ketahui, jumlah proton yang terkandung dalaminti atom suatu unsure dinyatakan sebagai nomor atom dan ditulis dengan menggunakan lambang Z. Adapun jumlah nukleon dinyatakan sebagai massa atom dan ditulis
dengan menggunakan lambang A.

 image

Nomor massa dinotasikan sebagai A suatu unsur adalah bilangan yang menyatakan banyaknya proton dan neutron alam inti atom tersebut. Adapun nomor atom, dengan notasi Zdari suatu unsur adalah bilangan yang menyatakan banyaknya proton dalam inti atom. Berdasarkan definisi nomor massa dan nomor atom tersebut, jumlah neutron (N) dalam inti dapat ditentukan, yaitu N = A – Z.

Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment